Seiring perkembagan zaman, manusia harus terus beradaptasi dengan teknologi yang berkembang pesat. Salah satu adaptasi yang harus dilakukan adalah untuk melakukan pemasaran produknya secara digital. Adaptasi ini sebaiknya diikuti oleh pedagang untuk menjual produknya, karena tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, konsumen lebih banyak yang melakukan pembelian secara online. Pemasaran pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, melainkan harus menggunakan strategi tertentu untuk menentukan target pasar, mengetahui perkembangan penjualan, dan juga bagaimana menarik konsumen menggunakan konten yang kita miliki. Strategi ini harus diterapkan agar efektivitas pemasaran bisa tercapai, sehingga dapat mencapai tujuan dan target penjual.
Salah satu cara peningkatan efektivitas pemasaran digtal adalah dengan mencari tahu konsumen yang selama ini mengikuti, membeli, dan memberikan respon positif kepada produk yang dijualnya. Untuk mengetahui hal ha tersebut, penjual bisa mengetahui nya dengan mengamati demografi konsumen seperti gender, usia, daerah asal, waktu yang banyak digunakan untuk berselancar di internet, dan konten seperti apa yang disukai oleh pengikut mereka. Selain itu, untuk menarik minat dan perhatian konsumen, sebaiknya dalam mengunggah konten di internet, penjual dapat memperhatikan desain dan tampilan konten tersebut agar menarik. Oleh karena itu, akan dikenalkan salah satu alat di media social yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan efektivitas pemasaran digital, yakni Social Media Analytics, yang akan dirangkum dalam suatu booklet dengan judul “Pemanfaatan Social Media Analytics dalam Pemasaran Digital”. Selain itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan mendesain konten untuk pemasaran, akan ditutorialkan cara mendesain secara sederhana melalui video berjudul “Tutorial Desain Sederhana dengan Canva”.<iframe src="https://drive.google.com/file/d/1nWpSf9eBAFOwzqNKbwDYXJ4yuveoLe_5/preview" width="100%" height="480"></iframe><iframe src="https://drive.google.com/file/d/1yMshxmXdfEY7l8qFE9_PL-MoWfChZkbI/preview" width="100%" height="480"></iframe>