SELAMAT DATANG DI WEBSITE KALURAHAN PANDOWAN TETAP JAGA DIRI, JAGA KELUARGA, TETAP JAGA PROTOKOL KESEHATAN

Artikel

Introduksi DESA APPS UGM : Tutorial Penggunaan Aplikasi

19 Agustus 2021 22:41:36  Administrator  1.141 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pertanian merupakan saalah satu sektor yang memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa Indonesia, salah satunya yaitu dalam pemenuhan kebutuhan pangan bangsa, pertanian pula mencakup beberapa sub-sektor seperti perkebunan, peternakan, hingga perikanan. Perkembangan pertanian tentu sangat krusial dalam meningkatkan nilai mutu serta perekonomian masyarakat.

Pertanian yang baik tentu mempertemukan antara petani sebagai produsen dengan masyarakat sebagai konsumen hasil pertanian. Dalam menunjang hasil pertanian yang baik perlu adanya proses penyuluhan yang tentu dapat mengenalkan dan menyelesaikan permasalahan pertanian dalam sudut pandang akademik hingga perkembangan tekonlogi. menurut UU Nomor 19 tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Pasal 46 menyebutkan bahwa “Penyediaan penyuluh paling sedikit 1 (satu) orang penyuluh dalam 1 (satu) desa”. Hal ini menyebabkan adanya keterbatasan petugas penyuluh untuk menyebarkan informasi dan memberikan pendampingan kepada para petani. 

Kecamatan Galur memiliki luas lahan 3.629,I Ha, digunakan untuk persawahan sebesar 36,570/0, tanah kering sebesar 34,79yo, dan sisanya 28,650/o untuk bangunan, jalan, kuburan dan lain-lain. Luas persawahan tersebut, 91,750 berpengairan teknis dan8,25Yo sawah tadah hujan (Kadarso, 2011). Desa Pandowan merupakan satu dari sekian desa di kecamatan Galur yang memiliki potensi pertanian yang sangat baik untuk dikembangkan, sehingga perlu adanya pendekatan penyuluhan perkembangan pertanian di era perkembangan tekonologi saat ini.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat menjadi solusi untuk membantu penyebaran informasi seputar inovasi teknologi di bidang pertanian. Dengan memanfaatkan internet, diseminasi informasi menjadi jauh lebih efisien serta tidak terbatas ruang dan waktu. Oleh karena itu, Universitas Gadjah Mada mengembangkan aplikasi mobile berbasis Android 'Desa Apps' sebagai media penyuluhan digital. Desa Apps juga menyediakan ruang untuk diskusi antara petani, penyuluh, dan para ahli di bidang agrokompleks (pertanian, peternakan, dan perikanan). Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan digunakan secara gratis.

<iframe src="https://drive.google.com/file/d/1H4rmYzTpa-yipMx2s3kWQ4AWbs3sMBjW/preview" width="100%" height="480"></iframe>

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : DIREN PEDUKUHAN III, PANDOWAN, GALUR, KULON PROGO
Kalurahan : PANDOWAN
Kapanewon : GALUR
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdespandowan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:244
    Kemarin:116
    Total Pengunjung:121.729
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.91.5
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID